Kenapa kalian harus memilih makanan kucing grain free?

Saat ini ada puluhan merek makanan kucing yang beredar di pasaran Indonesia. Merek-merek ini menawarkan berbagai macam pilihan sesuai dengan kebutuhan metabolisme kucing. Salah satu yang paling populer yaitu produk grain free. Biasanya produk grain free ini dijual dengan sebutan holistic. Namun, kenapa sih banyak dokter hewan menyarankan produk grain free?

Menurut petcarerx.com, mereka percaya bahwa produk grain free memiliki kualitas yang lebih baik ketimbang produk lain yang menggunakan grain. Pada umumnya, grain seperti jagung, beras dan gandum merupakan sumber utama karbohidrat pada makanan hewan komersil. Nah metabolisme kucing, sebagai hewan karnivora murni, sulit untuk mencerna karbohidrat.

Sistem metabolisme kucing tidak memiliki enzim Amylase di dalam liurnya. Padahal enzim inilah yang membantu memecah karbohidrat menjadi kalori atau energi. Meski begitu, enzim Amylase tetap diproduksi dalam jumlah kecil di dalam pankreas kucing. Hal ini menjadikan kucing mudah terkena diabetes yang disebabkan oleh kerusakan fungsi pankreas.

Keunggulan produk grain free

  • Rata-rata produk grain free mengandung lebih banyak bahan dan nutrisi ketimbang makanan yang kucing dapat di alam liar. Produk ini juga memiliki presentasi protein yang tinggi dari ikan atau daging lain seperti unggas dan sapi. Walau begitu, beberapa pabrik makanan mengganti sumber karbohidrat dalam produk ini dengan tapioka atau kentang. Sehingga beberapa produk ini masih memiliki kandungan karbohidrat yang tinggi. 

    download
    Salah satu produk makanan komersil grain free yang dijual di Indonesia. (Sumber: Google)
  • Beberapa kucing  alergi terhadap grain. Produk grain free tentu saja mengeliminasi bahan yang menyebabkan pencernaan menjadi lebih sensitif dan membuat kucing menjadi lebih mudah mencerna makanan mereka.

Kelemahan produk grain free

  • Produk grain free memang memiliki kandungan protein yang tinggi, namun hal ini menyebabkan kandungan lemak menjadi sangat tinggi. Sehingga kalian harus tetap berhati-hati dalam memberikan takaran makanan agar Si Puss tidak obesitas.
  • Produk grain free bisa jauh lebih mahal karena bahan yang digunakan adalah daging murni (bukan by product) yang menjadikan produk ini memiliki presentasi protein yang tinggi. Walau begitu, presentasi nutrisi dan protein yang tinggi membuat kalian tidak perlu memberi Si Puss porsi terlalu banyak, yang menjadikan harga mahal produk ini worth it.

BONUS TIPS! Pada saat kalian memilih makanan kucing, jangan pernah tertipu dengan para penjual yang menyatakan bahwa makanan mereka adalah makanan premium atau all natural. Selalu periksa dan baca kembali bahan-bahan yang digunakan dalam makanan komersil tersebut. Apabila kalian memiliki kucing dengan pencernaan sensitif, konsultasikan dengan dokter hewan makanan komersil yang mana yang paling cocok untuk Si Puss…

Sumber: petcarerx.com

Tinggalkan komentar