Pertolongan Pertama Pada Kucing Sakit yang lemas

Si Puss tiba-tiba lemas? Coba lihat dulu apakah Si Puss lemas karena sakit atau stress. Stress karena perubahan lingkungan dapat menyebabkan Si Puss kehilangan nafsu makan hingga lemas. Sebelum kalian berasumsi Si Puss sakit, coba cari tahu dulu apa penyebab Si Puss lemas, apakah karena sakit atau karena stress? (Baca juga: Kucing kamu tiba-tiba lemas? Cari tahu disini apa penyebabnya…)

Nah kalau kalian sudah tahu kira-kira apa penyebabnya, berikut ini yang perlu kalian sediakan sebelum pertolongan pertama dilakukan:

    1. Syringe tanpa suntikan atau sendok teh/kecil. Gunanya untuk mempermudah mencekok Si Puss. Jangan pakai sendok yang terlalu besar, karena dapat melukai dinding mulut bagian atasnya atau bahkan menyebabkan Si Puss tersedak.
    2. Tissue atau Tissue basah antiseptik. Dapat digunakan untuk membersihkan mulut Si Puss yang habis di cekokin atau membersihkan bagian dubur karena Si Puss diare.
    3. Handuk atau kain tebal. Gunanya untuk alas tidur si kucing biar hangat.
    4. Kandang. Kalau Si Puss sudah positif sakit, sebaiknya dimasukkan ke dalam kandang. Apalagi apabila Si Puss positif terkena virus yang mudah menular seperti virus FIP atau FPV (Feline Panleukopenia Virus). Sehingga kucing-kucing kalian yang ada didalam rumah tidak tertular kucing yang sedang sakit. Selain itu, kita lebih mudah mengontrol Si Puss apabila dimasukkan ke dalam kandang.
    5. Lampu pijar (max.15 watt agar tidak terlalu panas) atau pet heating pad. Gunanya untuk penghangat, di taruh di dalam kandang bersama handuk/kain tebal. Kalau kalian bingung seperti apa pet heating pad, coba check Instagram Tammy (Klik disini) untuk review Tammy mengenai pet heating pad.
    6. Rectal Thermometer. Apabila Si Puss terkena demam/suhu tubuh turun, sebaiknya periksa suhu tubuh si Puss setiap 1-2 jam sekali, untuk melihat apakah ada perubahan suhu tubuh. Lalu catat suhu tubuh Si Puss setiap pemeriksaan, agar kalian dapat mengkontrol apakah Si Puss sudah membaik atau belum…
    7. Larutan Oralit. Kalian bisa membuat larutan oralit sendiri untuk kucing yang dehidrasi, yaitu dengan perbandingan 1:2; 1 sendok teh garam di campur 2 sendok teh gula merah, lalu aduk sama air hangat-hangat kuku. Jangan khawatir bulu Si Puss rontok, karena pada dasarnya memang kucing butuh garam untuk menyeimbangkan ion tubuh dan membantu fungsi organ… Bahkan, makanan kucing komersil pun masih mengandung garam dengan konsentrasi rendah.
      Ini merupakan salah satu komposisi makanan kucing yang diperjual-belikan di Indonesia. Makanan kucing komersil masih mengandung garam seperti sodium, natrium dan klorida.
    8. Bubur beras merah instant untuk bayi. Sebagai campuran makanan apabila Si Puss mengalami cat anorexia. Dulu yang menyarankan bubur beras merah instant sebagai campuran makanan itu Dokter Hewan di Laras Satwa, Tangerang.
    9. Pet milk atau Susu formula khusus kucing. Dapat diberikan ketika Si Puss keracunan obat.
    10. Wet food atau makanan kaleng basah. Kucing yang sedang diare sebaiknya diberi makanan kaleng basah khusus kucing. Ada beberapa merek yang dianjurkan seperti Royal Canin atau Prescription Diet.
    11. VCO atau Virgin Coconut Oil. Manfaatnya bisa bermacam-macam, tergantung kasusnya. Tammy pernah kasih ke Kucing Tammy yang kena scabiesis, supaya kulitnya enggak kering dan lecet… Penggunaan VCO untuk kucing dengan poop berdarah juga disarankan oleh Dokter Hewan di Laras Satwa, Tangerang.
    12. Pinset. Alat ini kalian gunakan kalau bayi kucing terkena kutu atau parasit. Karena kalau kalian ambil pakai jari agak susah. Pinset akan mempermudah kalian mengambil kutu di tubuh bayi kucing.
Setelah ini kita lanjut ke pertolongan pertamanya. Namun, pertolongan pertama ini bukan OBAT yang dapat menyembuhkan Si Puss. Pertolongan Pertama ini hanya dilakukan apabila kita dalam keadaan ketika kita tidak bisa segera membawa Si Puss ke Dokter Hewan. Apabila gejala berlanjut selama 2x24jam, sebaiknya kalian menyisihkan waktu untuk segera membawa Si Puss ke Dokter Hewan.
Sekarang Tammy akan bagi Pertolongan Pertamanya menjadi beberapa bagian tergantung gejala dan penyakitnya. Pertolongan pertama ini berdasarkan pengalaman Tammy dan juga saran dari beberapa Dokter Hewan.
  • Cat Anorexia atau kehilangan nafsu makan dapat berakibat fatal apabila Si Puss dibiarkan tidak makan selama berjam-jam bahkan berhari-hari. Campurkan bubur beras merah instant untuk bayi dengan wet food. Usahakan dibuat lebih cair agar kita lebih mudah mencekoki Si Puss yang tidak mau makan. Wet food yang disarankan adalah makanan seperti Prescription diet a/d yang berguna untuk menambah nafsu makan.
  • Poop berdarah bisa diakibatkan oleh usus yang luka, sehingga darah menempel pada Poop Si Puss. Satu jam sebelum makan, cekokin Si Puss dengan 1-2 sendok teh VCO. Gunanya untuk melapisi saluran pencernaan Si Puss yang luka sebelum Si Puss makan. Berikan makanan kaleng basah. Jauh lebih baik apabila kalian memberikan makanan basah khusus untuk digestive care atau perawatan pencernaan seperti Prescription diet i/d. 
  • Muntah dan Diare bisa mengakibatkan Si Puss terkena Dehidrasi. Setelah Muntah/Diare, cekoki Si Puss dengan air yang cukup dan oralit sekitar 50-100ml (tergantung umur kucing). Apabila muntah dan diare disertai cat anorexia, maka kalian harus selalu siap sedia untuk mencekoki Si Puss dengan makanan setiap 3-4 jam sekali. Kemudian bawa ke dokter hewan agar Si Puss mendapatkan perawatan intensif serta obat-obatan yang dapat menyelamatkan nyawa si Puss.
  • Cacingan pada bayi kucing atau kucing yang masih kecil (dibawah 4 bulan) sebaiknya dibawa ke dokter hewan. Apalagi kalau kucing tersebut underweight atau berat badannya terlalu ringan. Pemberian obat cacing yang melebih dosis atau aturan pakai dapat berbahaya. Karena menurut Dosen Tammy, obat cacing itu biasanya semacam senyawa yang menghancurkan protein tubuh cacing, sehingga apabila overdosis akan mengakibatkan usus Si Puss bolong.
  • Kutuan pada bayi kucing bisa ditanggulangi dengan menyediakan air sirih. Air sirih tidak dapat membunuh kutunya, namun kutu dapat tertidur sehingga mempermudah kita untuk mengambil kutu itu. Mandikan bayi kucing dengan air sirih hangat-hangat kuku… Ambil kutu-kutu yang ‘tertidur’ dengan pinset, matikan kutu yang sudah diambil dengan cara memencet bagian tubuhnya dengan kuku.. Lap Bayi Kucing dengan handuk, kemudian gunakan hairdryer untuk mengeringkan…
  • Anemia pada bayi kucing dapat berbahaya. Anemia pada bayi kucing bisa disebabkan oleh kutu/cacing. Berikan oralit serta susu formula tambahan pada bayi kucing yang mengalami anemia. Anemia pada kucing dewasa sebaiknya dikonsultasikan dengan dokter hewan. (Baca juga: Anema pada kucing)
  • Suhu badan turun dapat ditanggulangi dengan memasukkan Si Puss ke dalam kandang. Alasi kandang dengan handuk/kain tebal… Kemudian kita bisa menaruh lampu pijar sebagai penghangat atau memasang pet heating pad. 
  • Demam pada kucing dewasa maupun kucing kecil selain pertanda perubahan cuaca, bisa juga pertanda adanya infeksi di dalam tubuh Si Puss. Jangan berikan obat analgesik seperti ibuprofen, paracetamol atau acetaminophene kepada Si Puss yang sedang Demam! Karena obat-obatan tersebut racun dan dapat menyebabkan Si Puss meninggal. (Baca juga: Perhatian! Obat, makanan dan tanaman ini berbahaya untuk kucing.) Cekoki Si Puss dengan air setiap 3-4 jam sekali. Pada malam hari, masukkan Si Puss ke dalam kandang dengan penghangat (lampu pijar/pet heating pad). Bawa segera ke dokter hewan segera apabila suhu tubuh (rektal) diatas 41 derajat… (Baca juga: Data Fisiologi Kucing)
  • Beberapa gejala lain seperti Sariawan, Benjolan yang tidak normal atau perut menggembung tapi tidak hamil, sebaiknya langsung dibawa ke dokter hewan. Karena gejala-gejala ini kemungkinan virus yang mematikan atau tumor ganas yang harus diangkat dengan operasi.
BONUS TIPS! 
  • Jangan kasih Si Puss obat manusia ya…
  • Si Puss yang lemas karena sakit boleh dikasih vitamin seperti Nutriplus Gel sebagai tambahan nutrisi maksimal 3x sehari…
  • Jangan memberikan kuning telur mentah, karena Si Puss yang sedang sakit dapat terjangkit bakteri Salmonella dari kuning telur mentah. Dan hal ini dapat memperburuk kesehatan Si Puss.
 
Okeeeee…. Segitu dulu dari Tammy mengenai pertolongan pertama… Sekali lagi, setelah pertolongan pertama diatas, Si Puss langsung dibawa ke Dokter Hewan ya… Terima kasih sudah setia menjadi pembacanya Tammy =^ㅅ^= Silahkan follow FB Fanpage Tammy (Klik disini) atau pantengin terus komunitas-komunitas cat lovers di Jakarta, mana tau Tammy nongol pakai baju hitam-hitam. See you again cat lovers xoxo ♥♡♥♡♥♡♥♡

80 respons untuk ‘Pertolongan Pertama Pada Kucing Sakit yang lemas

  1. Udah 4kucing mati di rumah. Hikss. Yg pertama udah ke dokter diinfus msh dehidrasi udah diobat resep dokter (abis 140rb+obat+infus). Dan 2 hari kemudian mati.
    Yg ke 2 sama sekali ga ke cek tiba2 muntaber. Keluar cairan kuning dr mulut dan dubur. Akhirnga mati .jg . Hikss
    Yg ke 3 . Tiba2 sakit mulut berlendir. Ga mau makan. Cm 1 hari besoknya mati. Ini selisih 3hari sm yg ga ke cek muntaber (no 2).

    Nah skrg kucing ke 4 saya lg sakit jg sy bingung kl terus2an infus.(bingung biayanya)
    Tp untungnya saya nemu UPT hewan di jl.pelindung hewan bandung.
    Ga disangka kucing sy udah dingin, sy pengen nangis krna ini kucing terakhir saya dr induknya yg hilang.
    Dokter blg kl aja dibawa besok kemungkinan sgt2 parah. Krna hr itu sy bawa,dokter sudah blg parah.
    Kucing di infus, di inject 5x oleh obat2an.
    Pas sy tanya dok brp? Dibilang smuanya gratis.
    UpT hewan bdg sy rekomen-in dokternya cekatan, teliti,ramah dan komunikatif skali (sy bukan promo. Haha, tp ini kenyataan). Antrinya panjang daftar jam 8 selesai jam set 11.
    O yah kucing sy jd rajin checkup ini hari ke 5(kl di swasta udah abis brp yah?😆)dan msh terus2an diinfus.
    Mdh2an besok membaik. Krna kucing sy udah ga dingin lg. Suhu udah normal dan mau makan. Tp sy ga berani coba2 cekokin apapun selain resep dr dokternya.

    Semoga membantu.

    Suka

  2. Tolong saya hari ini kucingku pagi2 lemes padahal malemnya enggak. Nafasya kesendat2 dan dia minum air putih terus .. matanya senduu kyk mnusia klo lg pilek gitulah dia gamau jalan kalo jlan dkit lemes bgt . Gamau makan juga makanan td mlm ga dimakn saya musti gmn

    Suka

  3. kak saya punya kucing dan dia baru melahirkan sekitar anaknya ada 4 usianya -1bln terus induknya mati nih matinya ngga tau karna apa tapi pas matinya dia negluarin darah dari mulut kira kira apa yah?? sudah 2 kucing saya yang mati dengan hal yang sama

    Suka

  4. Saya mau tanya,kcing sya tdi jatoh dri ats genteng,dan skarang kcing sya lemas skali(tak brdaya),ngga mau mkan dan ngga mau sgalanya wehh,,gmna yhh cra kcing sya itu kmbali normal??.mohon solusinya

    Suka

  5. Kucing saya sedang sakit. Awalnya tidak kenapa2 pas pagi tiba2 tidur aja tidak mau makan minum dan tidak bab/bak. Badannya anget. Dibawa ke vet dokternya bingung gak tau kucingku knp, cuma disuntik antibiotik sama penambah nafsu makan. Dan disaranin beli ROYAL CANIN RECOVERY itu ampuh bgt buat nafsu makannya. Pasti dimakan sama kucingnya. Tp sampe skrg kucingku masih lemas dan demamnya belum turun. 2 hari belum pup. Gatau lg mesti gimana

    Suka

  6. Kucingku baru saja meninggal tadi pagi. Namanya blacky, tadi subuh padahal dia baik2 aja bahkan sempat minta main diluar rumah. Tp sekitar jam 6 blacky ditemukan tidak bernyawa sbelumnya dia memang muntah2 tp nafsu makannua baik2 saja. Kira2 kenapa ya

    Suka

  7. Kucingku baru saja meninggal tadi pagi. Namanya blacky, tadi subuh padahal dia baik2 aja bahkan sempat minta main diluar rumah. Tp sekitar jam 6 blacky ditemukan tidak bernyawa sbelumnya dia memang muntah2 tp nafsu makannua baik2 saja. Kira2 kenapa ya

    Suka

  8. kucingku sakit. lemas badannya panas mulutnya berbau, matanya kelihatan kotor.. ada yang tau sakit apa dan apa obatnya

    Suka

  9. kak mau tanya.,, kucing saya jantan jenis himalaya, dia lagi kebelet kawin, tapi gak ada kucing sejenis disini,, alhasil dia jadi emosian, jadi sering berantem sama kucing domestik yang lewat, kulit bagian belakang kupingnya robek karna berantem, sampe botak dan berdarah,, udah di kasih salep dari dokter hewan, tapi di garuk terus sama dia, saya suka kasihan lihat bekas lukanya, kira kira gimana ya caranya supaya dia enggak berantem dan luka nya bisa cepet sembuh,, makasih

    Suka

  10. Begini dok, sebelum nya kucing saya melahir kan 3 anak kucing, dan 2 anak kucing tersebut berhasil dikeluarkan, dan satu anak kucing lagi berusaha dikeluarkan dan masih menyantol di lubang belakang kucing tersebut, dan banyak sekali darah yang di keluarkan oleh kucing tersebut, setelah berhasil dikeluarkan oleh induk kucing tersebut, masih saja banyak darah yg dikeluarkan, dan sya mencoba mencuci,setelah beberapa hari, agak berbau tidak enak dari lubang belakang kucing tersebut, dan kucing pun tak nafsu makan,lemes, badan pun kurus dan tak ada tenaga

    Suka

  11. pagi,saya mau minta solusi nya dong.kucing saya sudah 2 hari ngak mau makan, tapi kucing saya tidak muntah atau mencret.dia tidur terus badanya sudah nampak lemas dan juga sudah jarang ngeong.apa penyebab nya ya?

    Suka

  12. Hallo saya mau mnta solusi donk,saya punya ank kucing yg di tinggal gtu aj sma induk nya,umur nya kurang lebih 3mingguan,tdi pgi si mpus d banting sma ank sya yg msh berumur 1thun ke lantai pas di bagian kepala mpus nya,smpe si mpus kelepk2 kya skrat,tpi Alhamdulillah stelh sya elus2 si mpus nya krasa mendingan pas siang tdi dia jtoh lgi dri ats kasur,dn dari tadi pgi seabis d banting mpus nya gk mau nyusu dn bdan nya lngsung lemes gtu aj smpe skrng dan jga si mpus skrng plah mencret2 sambil pipis,klo bgtu gmna cara ngatasin nya ya? Biar si mpus msh ttp hidup
    Mksh sblm nya udh bolh bertanya😊

    Suka

  13. Hai,saya mau minta solusi
    Kucing saya umurnya krlebih 2 tahun ,dia sekarang sakit,dia muntah muntah ,gak mau makan,badannya lemas,kalo jalan kaya mau ambruk

    Suka

  14. Kucing sy sakit..dia tdk bisa berjalan..dan bagian punggungnya sllu semut mengerumuninya sehingga bulu-bulunya tercabut sendiri..dan sangat lemas..kira2 kucing sy kena sakit apa? Dan apa obatnya…krn awalnya dia tdk bisa berjalan..tpi dibagian kedua kakinya tdk ada luka..mohon bantuannya..terima kasih

    Suka

  15. kucing saya sakit, gak mau makan dan minum beberapa hari ini dan hari ini dia tidak bisa jalan, saya sudah coba bantu minum tapi masih gak mau buka mulut, badan nya kurus sekali,tolong dong teman2 yang tau kucing saya ini sakit apa?? terima kasih

    Suka

Tinggalkan komentar